Tetangga Apartemen Berisik? Ini Cara Mengatasinya

Setelah beraktivitas seharian, rasanya ingin sekali sampai di rumah dan beristirahat dengan tenang. Menikmati apartemen yang sudah didekorasi sesuai dengan kesukaan, sekaligus quality time dengan keluarga atau orang kesayangan. Tetapi rencana beristirahat buyar sudah saat tetangga sebelah unit berisik dan mulai mengganggu kenyamanan kita.

Sebelum menggedor pintu tetangga karena kesabaran sudah mulai menipis, Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk meredam berisik yang masuk ke ruang tidur atau ruang keluarga unit apartemen Anda.

Pastikan dinding dipasang peredam

Sumber: pexels.com

Suara mengganggu bisa dari musik yang diputar kencang-kencang, atau suara obrolan yang bervolume tinggi sehingga bisa menembus dinding apartemen Anda. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah membuat dinding rumah berperdam sehingga bunyi dari luar tidak masuk ke ruangan. Anda bisa membeli di toko bangunan atau melapor ke kantor apartemen agar dipasang peredam di beberapa sisi dinding. Pilih panel yang bisa dimanfaatkan untuk dekorasi ruang juga.

Redam suara yang masuk lewat pintu dan lantai

Sumber : pxhere.com

Inilah bedanya tinggal di rumah tapak yang tidak menempel dinding kanan kiri dengan tetangga dari lantai atas atau bawah, tinggal di apartemen butuh kesabaran ekstra jika kurang beruntung punya tetangga yang berisik. Selain dinding yang diredam dengan panel, bunyi juga bisa dialirkan melalui lantai dan pintu. Lapisi lantai dengan karbet tebal agar suara dari lantai bawah tidak bocor ke ruangan Anda. Ventilasi pintu juga lebih baik diberi perendam agar bunyi tak merambat masuk, toh Anda juga menggunakan AC bukan untuk pendingin ruangan?

Temui tetangga yang berisik

Sumber: pexels.com

Jika semua usaha untuk membuat nyaman di rumah sudah dilakukan tetapi masih saja Anda tidak nyaman dengan keberisikan tetangga samping kiri atau kanan begitu juga tetangga di atas atau di bawah unit apartemen Anda, temui saja tetangga tersebut. Sampaikan bahwa Anda dan keluarga terganggu dengan suara yang terdengar dari unit apartemennya. Semoga tetangga Anda bisa menerima informasi dan introspeksi.

Langkah terakhir melapor

Sumber: pexels.com

Tak perlu ke aparat berwajib melaporkan tetangga Anda yang berisik, cukup ke pengurus apartemen agar mengambil langkah bijak. Pastinya kasus yang Anda alami bukan yang pertama, pengurus apartemen sudah punya cara yang ampuh untuk membuat seluruh penghuni nyaman di unitnya masing-masing.

Kenyamanan Anda selama berada di dalam unit Senopati Apartemen sangat terjamin. Karena setiap ruangan dibuat dengan detail dan kedap dari bunyi yang mengganggu baik dari samping kiri kanan atau pun dari lantai atas dan bawah.

Total: 212 views

Leave a Comment

Start typing and press Enter to search